glenn-tan-l3jU1tAEGzs-unsplash

Berbagai insentif dikucurkan pemerintah untuk memajukan UMKM. Seperti memberi kemudahan untuk perizinan khususnya untuk UMKM obat dan makanan oleh BPOM, hingga adanya bantuan modal usaha.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sendiri menyebut bahwa pelaku UMKM adalah pahlawan ekonomi. Peran UMKM ketika masa krisis 1998 lalu juga telah terbukti mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia untuk segera bangkit (dalam Jawa Pos).

“Bapak-bapak (para pelaku UMKM) ini adalah pahlawan angkatan kerja. Kenapa? Karena 86 persen angkatan kerja kita bekerja di UMKM. Sisanya bekerja di industri besar. UMKM memang menyerap tenaga kerja yang tidak begitu banyak, tetapi dengan jumlahnya yang sangat banyak bila dikalikan bisa menjadi potensi besar,” ujar dia, Minggu (15/11).

Muhadjir mengatakan, pandemi Covid-19 sangat memukul kelangsungan perekonomian nasional. Sudah banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan dan muncul keluarga miskin baru. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri juga telah memberikan arahan agar anggaran tahun 2021 lebih banyak difokuskan dalam mengembangkan UMKM untuk memulihkan ekonomi nasional.

“Pokoknya pelaku usaha harus mendapatkan perlakuan khusus untuk segera memulihkan ekonomi indonesia ini. Kami sangat berharap kerja sama antara kementerian dan para pelaku UMKM di dalam upaya untuk membina, mengembangkan, melindungi usaha menengah kecil dan mikro ini,” tutur dia.

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo