joel-vodell-KZFPqqd2nJs-unsplash

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Juan Permata Adoe menilai pendampingan jangka panjang terhadap petani menjadi hal yang perlu dilakukan jika ingin meningkatkan daya saing sektor pertanian Indonesia di kancah internasional.

Menurutnya, pendampingan jangka panjang bagi petani di Tanah Air perlu dilakukan karena dalam meningkatkan daya saing sektor pertanian RI di kancah global tidak dapat dilakukan dalam waktu 5 tahun.

“Berkaca dari kelapa sawit, proses peningkatan daya saing terjadi selama 30 tahun. Awalnya sulit, tapi sekarang komoditas CPO jadi juara di pasar dunia,” ujar Juan dalam konferensi pers virtual, Senin (9/11/2020).

Belajar dari pengalaman membangun daya saing kelapa sawit, dia menilai pendampingan terhadap sektor pertanian tidak akan berlangsung mudah.

Namun, demikian, baik pemerintah maupun pelaku usaha dikatakan harus menjadi off taker atas hal tersebut. Selain menghadapi durasi yang panjang, lanjutnya, upaya tersebut juga berhadapan dengan karakteristik perusahaan-perusahaan di dalam negeri.

Melihat potensi serta hambatan yang ada, Juan mengatakan saat ini sedang dilakukan pembicaraan terkait dengan hal tersebut, dan rekomendasi yang diperlukan juga sedang di tahap pencarian.

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo