group of women having a meeting

Keadaan Ekonomi yang semakin memburuk paska pandemi bisa jadi kesempatan untuk buat usaha atau produk baru, tapi gimana caranya? Apa aja yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan?

Kalau kita lihat lagi sejarah, banyak produk-produk terkenal yang muncul dari krisis Ekonomi 2008, contohnya: Uber, Slack, AirBnb, dan Groupon. Krisis pandemi saat ini mungkin mengerikan, tetapi ini adalah tantangan tersendiri bagi ide dan inovasi baru yang bisa muncul. 

Pikirkan – apa yang sedang terjadi saat ini?

Pikirkan kembali apa yang berubah setelah pandemi, apakah produk yang ada sekarang masih relevan? Apakah ada yang harus diubah dari produk, penawaran, teknologi, harga, atau target market produk yang sudah ada?

Adanya pandemi bisa jadi menurunkan market tertentu dan menaikkan market yang lain. Dari situ, kalian bisa sesuaikan produk dengan situasi dan kebutuhan baru dari market.

Pikirkan bagaimana cara menjadi relevan SAAT INI.

Berpikirlah seperti Unta, bukan Unicorn

Unta berpikir untuk bertahan hidup, mereka bisa bertahan beberapa minggu tanpa makan dan minum. Sebaliknya, Unicorn dalam dunia bisnis hanya fokus untuk berkembang secara cepat melalui pendanaan. 

Pada situasi krisis, pengusaha harus membuat rencana keuangan yang  bijaksana, realistis, dan jangan sampai keluar dari budget yang sudah ditentukan. Selain itu, harus peka dengan pengeluaran, dan tau kapan harus memotong pengeluaran ketika memang diperlukan.

Siapkan rencana pasca pandemi

Meskipun saat pandemi harus membuat budgeting keuangan yang ketat, kita juga harus punya rencana yang jelas untuk pertumbuhan setelah kondisi kembali normal.

Cari informasi pihak yang bisa mendanai

Pihak ini ternyata nggak cuma bank, lho. Kamu bisa search di Google siapa saja yang membuka diri untuk menjadi investor dengan beberapa kata kunci, seperti “mencari pendanaan”. Salah satunya adalah East Venture. Mereka melayani submit pitch secara online, kamu tinggal upload saja apa yang mereka syaratkan. Jika mereka tertarik dengan proposalmu, pasti mereka akan menghubungi kok!

Adanya pandemi memang bencana untuk kemanusiaan di seluruh dunia. Namun, bukan berarti halangan bagi kamu yang ingin tetap berjuang. Pasti ada jalan!

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo