faisal-m-cYCUqX97w4c-unsplash

Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo mengajak untuk merefleksikan nilai-nilai keberadaan nelayan dan pembudidaya perikanan, yang juga bisa disebut sebagai pahlawan pangan Nusantara.

Diwartakan kembali dari antaranews.com dalam rangka Hari Pahlawan Indonesia (10 November 2020) , Menurut Edhy, para nelayan, pembudidaya ikan, pengolah serta pemasar hasil perikanan perlu mendapat apresiasi yang layak, berkaitan dengan upaya menyediakan bahan kelautan sebagai sumber pangan bergizi. Sebab, FAO memprediksi ada 132 juta orang seluruh dunia yang akan mengalami kelaparan pada akhir 2020, imbas dari resesi ekonomi global yang muncul akibat pandemi.

Edhy yakin bahwa sumber pangan laut dan budidaya ikan tetap unggul, sebab permintaan global atas hasil perikanan Indonesia tetap tinggi. Dari data ekspor milik BPS semester-1 2020, terdapat peningkatan 6,9% atau setara US$ 2,4 miliar. Potensinya memang luar biasa, mencapai 12,5 juta ton ikan per tahun, dan mempunyai lahan budidaya di atas 4,5 juta hektar. Muhammad Zaini, Plt Dirjen Perikanan Tangkap KKP, mengklaim bahwa profesi nelayan sangat menjanjikan dengan berbagai kemudahan yang disalurkan oleh KKP, sebagai bantuan usaha sektor kelautan dan perikanan.

Beberapa kebijakan KKP di antaranya percepatan perizinan dengan SILAT (Sistem Informasi Izin Layanan Cepat) 1 Jam, dan bisa diakses selama 24 jam. Kebijakan lainnya terkait keamanan operasional, seperti protokol kesehatan di pelabuhan perikanan, relaksasi cek fisik kapal perikanan serta penyederhanaan pelayanan kesyahbandaran seperti perpanjangan masa berlaku SPB (Surat Persetujuan Berlayar).

Ditambah lagi, KUR (Kredit Usaha Rakyat) di bawah Rp 50 juta juga diberikan tanpa agunan, dan bunga diturunkan dari 7% menjadi 6%. Zaini berharap Dinas Kelautan dan Perikanan dapat mendapat nelayan yang membutuhkan akses permodalan tersebut.
KKP sendiri juga mempunyai badan layanan usaha yang siap meminjamkan dana hingga ratusan milyar rupiah, yang bisa diakses oleh para nelayan.

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo