tim-gouw-1K9T5YiZ2WU-unsplash

Di masa pandemi ini banyak sektor ekonomi yang harus ‘menurunkan tirai, namun hal tersebut tidak berlaku untuk usaha jual-beli dalam platform online. Dengan melakukan segala aktivitas di rumah, tidak menyurutkan masyarakat untuk melakukan belanja dari rumah, inilah yang mengakibatkan usaha jualan secara online ini melejit saat pandemi.

Untuk kamu yang ingin mulai berbisnis secara online, tapi bingung harus mulai dari mana, simak penjelasan berikut:

  1. Tentukan platform

Jika kamu ingin memulai bisnis online, maka tentukanlah platform yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa mengandalkan sosial media seperti instagram, twitter, facebook, dan media sosial lainnya. Kebanyakan pelaku bisnis online lebih memilih facebook dikarenakan banyaknya pengguna facebook.

  1. Buat website resmi

Bisnis online kamu akan semakin bagus jika kamu membuat website resmi toko online kamu. Calon pembeli akan lebih mudah dan nyaman berbelanja jika kamu mempunyai website resmi. Mereka juga akan lebih fokus pada produk-produk yang ada di website online shop mu.

  1. Promosikan ke teman

Promosi dari mulut ke mulut adalah cara jitu yang dapat kamu coba. Lakukanlah mulai dari orang terdekatmu, seperti tetangga, teman, dan keluarga mu. Mulailah dengan memperkenalkan website resmi online shop mu dan platform bisnis yang kamu gunakan.

  1. Gunakan iklan berbayar

Jika promosi dari mulut ke mulut masih belum membuahkan hasil, kamu bisa mulai memasang iklan mu dengan menggunakan Facebook Ads platform iklan lainnya. Usaha ini memang membuat kamu harus mengeluarkan kocek, namun apa salahnya mencoba?

  1. Buat konten yang sesuai dengan usaha

Berjualan online membuat kamu harus berpikir lebih kreatif, karena kamu membutuhkan konten untuk diposting di sosial media mu. Konten yang kamu buat haruslah sesuai dengan barang atau jasa yang kamu jual, hal ini guna memudahkan calon pembeli mencari barang atau jasa yang mereka butuhkan.

  1. Gunakan Jasa SEO

Agar website mu mudah ditemukan oleh calon pembeli, kamu harus menggunakan jasa SEO. SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencaharian seperti google.

  1. Pahami teknik pengambilan foto produk

Ambil foto produk mu dengan teknik foto yang bagus, agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk kamu. Kamu bahkan bisa membuat mini studio sendiri dengan melihat beberapa tutorial pembuatan mini studio yang hanya mengandalkan kain, kardus, dan lampu belajar.

  1. Jangan spamming

Buatlah jam-jam tertentu untuk memposting produk kamu, misalnya setiap 4 jam sekali. Jika kamu memposting produk kamu secara terus-menerus, itu akan membuat para pengikut mu merasa kesal. Bisa jadi, setiap kali kamu memposting, akan diskip. Itulah gunanya mengatur waktu posting produk mu

Kalau kamu betul-betul serius ingin mendalami bisnis dengan platform online, tips-tips yang disebutkan memang ‘nggak segampang’ kenyataannya. Perlu dedikasi dan kesungguhan, supaya hasilnya juga ‘sungguhan’.

Kamu bisa ikut 2 kelas online dari The Pengusaha nih: Kalau kamu mau fokus di marketplace seperti Shopee, ada kelas dari Weliyan Tanoyo, owner Sowell Shop yang telah berpengalaman berbisnis secara online sejak 2011. Dari menggunakan Kaskus, sampai sekarang ada Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau Lazada. Kamu bisa kunjungi halaman berikut ini untuk info selengkapnya.

Atau kamu mau spesifik belajar tentang Facebook dan Instagram Ads, kamu bisa ikut kelas dari Mas Bayu, mastah periklanan media sosial dari Jogja yang menekuni dunia iklan online ini sejak 2015. Kamu bisa dapatkan info kelasnya di sini.

Selamat belajar dan berkembang ya!

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo