pertashop

Kalau mengingat-ingat sejarah perbensin-eceran duniawi, tampaknya sulit untuk memisahkan citra Pertamina yang melarang pembelian menggunakan jerigen, dengan tujuan dijual lagi secara ecer.

Sampai akhirnya, tampaknya Pertamina luluh sekaligus menegaskan bolehnya pengecer bensin asalkan jenis Pertamax. Sebelum adanya penegasan tersebut, sudah marak pengecer bensin yang menggunakan mesin dispenser bensin. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, kamu bisa cek di lapak ini.

Peluang bisnis ini kini juga ditangkap oleh Pertamina, dengan program bernama Pertashop. Peluang kerja sama dan kemitraan bisnis ini dapat menjangkau hingga ke kawasan pedesaan. Program kemitraan ini terbuka untuk Koperasi serta UKM yang sudah berbadan hukum CV atau PT di seluruh Indonesia.

Foto: Dok. Pertamina

Dilansir oleh cnbcindonesia.com, Sales Area Manager (SAM) PT Pertamina D.I Yogyakarta Pande Made Andi S. mengatakan, Program Pertashop merupakan kemitraan antara Pertamina selaku Badan Usaha penyedia BBM dengan Pemerintah Desa, untuk memberikan kemudahan akses BBM bagi masyarakat desa sekaligus memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat di sekitar desa tersebut.

Program Pertashop merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman Kementerian Dalam Negeri dengan Pertamina Persero tanggal 18 Februari 2020 tentang Dukungan Pemerintah dan Masyarakat Desa dalam Peningkatan dan Pengembangan Program Pertashop di Desa.

Hal ini merupakan dukungan pemenuhan BBM di desa, terutama di 3.827 kecamatan atau 53% kecamatan di Indonesia yang belum terjangkau akses SPBU, dengan memanfaatan aset desa.

Pada tahap awal sebagai crash program, telah diluncurkan pembangunan pertashop di 418 titik yang pembangunan fasilitas dan manajerial pengelolaan akan dilakukan oleh Pertamina.

Penanggungjawab Pertashop dari Pertamina Retail Yogyakarta Bandi Susilo mengatakan kepada cnbcindonesia.com, Pertashop yang berlokasi Jalan Dusun Grogol, Kec. Cangkringan penjualan dimulai 30 Juni 2020 dan setelah 3 bulan berjalan, penjualan pada September 2020 rata-rata 600 liter.

Sedangkan pada kondisi hari libur atau weekend bisa mencapai 1 – 1,2 KL. “Ini merupakan Pertashop dengan volume penjualan atau Daily Objective Throughput/DOT cukup tinggi. Sharing kerja sama dengan mitra saat ini direncanakan akan diberikan margin sebesar Rp 850/liter dibagi sesuai skema kerja sama,” ucap Bandi.

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo