filip-mishevski-eZ2aHgA6Xds-unsplash

Ketika Anda membaca tulisan ini, bisa jadi kaki Anda sedang dalam posisi menyilang. Atau bisa jadi Anda membaca dengan tangan kiri dan tangan kanan Anda memegang dagu. Atau posisi duduk santai sambil sesekali menggelengkan kepala. Pertanyaannya, apakah Anda meminta kaki Anda menyilangkan, meminta tangan kanan memegang dagu, atau menggelengkan kepala saat membaca? Atau itu semua terjadi tanpa Anda sadari? Saya yakin Anda melakukan gerakan itu semua tanpa sadar (gerak reflek).

Gerakan tidak sadar Anda tersebut sebenarnya Anda gerakkan secara sadar, melalui alam bawah sadar Anda. Bingung? Gerakan menyilangkan kaki, memegang dagu, atau menggeleng-gelegkan kepala Anda itu yang menggerakan adalah alam bawah sadar.

Alam bawah sadar Anda dibentuk oleh pengalaman-pengalaman masa lalu Anda. Alam bawah sadar kita itu sangat kuat – menguasai 80% kehidupan kita. Jika Anda tidak percaya, mari praktikkan:Pegang gadget Anda atau tablet atau alat apapun yang Anda pakai untuk baca tulisan ini ini dengan posisi tangan lurus agak jauh dari mata Anda. Kemudian, pastikan Anda fokus melihat tulisan ini. Tulisannya terlihat jelas bukan?

Pertanyannya, apakah Anda masih bisa melihat? Walaupun benda-benda lain di balik perangkat elektronik Anda yang sedang Anda baca ini terlihat samar-samar. Mungkin di balik buku ini ada tembok, mungkin ada orang yang sedang lewat, mungkin juga ada pohon. Ketika Anda fokus melihat perangkat elektronik Anda ini, segala sesuatu yang ada di belakang tulisan ini terlihat kabur. Tetapi, Anda masih bisa melihatnya walaupun kabur. Itulah yang ditangkap oleh alam bawah sadar anda.

Alam bawah sadar Anda menangkap lebih banyak dan lebih besar hal-hal yang tidak ditangkap oleh alam sadar Anda. Dalam hal ini, alam sadar Anda hanya melihat tulisan ini, sedangkan alam bawah sadar Anda melihat tembok, orang, pohon, dan segala sesuatu yang ada di balik perangkat elektronik Anda.

Tembok, orang, dan pohon itu lebih besar dari perangkat elektronik yang Anda pegang sekarang. Hal ini membuktikan bahwa alam bawah sadar Anda menangkap lebih besar dan lebih banyak dari alam sadar Anda. Nah, sayangnya seringkali dalam kehidupan kita sejak kecil hingga dewasa, kita juga menangkap hal-hal yang mungkin kurang baik untuk kita terapkan dalam kehidupan kita.

Contohnya, ketika Anda melihat televisi pada pagi hari sambil sarapan. Anda mungkin tidak benar-benar memperhatikan televisi melainkan memperhatikan makanan yang sedang Anda makan. Namun, pikiran bawah sadar Anda juga menangkap berita-berita yang ada di televisi. Sayangnya, berita-berita di televisi lebih sering menampilkan konten-konten negatif seperti pembunuhan, perampokan, korupsi, dan hal-hal negatif lainnya.

Inilah yang secara tidak sadar masuk ke dalam diri kita melalui alam bawah sadar. Hal ini masuk dan mengakar sangat kuat sehingga membuat sebuah pola di dalam alam bawah sadar kita. Pola inilah yang mugkin sudah puluhan tahun menguasai kehidupan kita sehari-hari. Sehingga kita menjadi makhluk kebiasaan. 

Saya tidak tahu berapa lama Anda telah berbisnis. Bisa jadi Anda sudah 20 tahun berbisnis atau baru mulai berbisnis. Ketika anda membaca tulisan ini, Anda mungkin memiliki masalah keuangan yang sedang Anda cari solusinya di dalam website ini. Pola Anda berbisnis selama ini  membuat Anda berada dalam posisi Anda yang sekarang.

Ada orang-orang yang terpola kalau bisnis harus hutang. Ada orang-orang yang terpola dengan runtinitas bisnisnya selama ini, sehingga ketika ada pesaing baru dia tidak siap. Seperti kata Albert Einstein, insanity is doing the same thing over and over again and expecting different result. Artinya, ketika Anda belum pernah mendapatkan apa yang Anda inginkan, tapi Anda masih saja melakukan hal yang biasa Anda lakukan sebelumnya, Anda termasuk kategori gila menurut Albert Einstein.

Jika Anda ingin hasilnya berbeda dengan kutipan Eistein tersebut, artinya Anda perlu melakukan hal yang berbeda pula. Melalui tulisan ini, Saya akan mengajak Anda merusak dulu alam bawah sadar Anda supaya Anda ‘korsleting’. Setelah itu nanti Kita bisa menanamkan program baru yang lebih baik di alam bawah sadar Anda. Saya mengajak Anda untuk bermain games namanya Games Rusak Pola!

Games Rusak Pola

Cara pandang Anda akan berpengaruh terutama ketika kita berbicara tentang bisnis dan uang. Kali ini, Anda akan belajar mengatur ulang mindset Anda, membenahi pola-pola yang sama yang telah lama Anda lakukan selama hidup namun tidak membawa perubahan besar.

LAKUKAN 55 PERUBAHAN KECIL DI LUAR KEBIASAAN ANDA

Hal-hal sederhana saja dulu, baru kemudian menjadi hal-hal yang menurut Anda itu sangat luar biasa ketika Anda melakukannya. Silakan Anda cari 55 hal yang merusak pola Anda, kurang lebih mirip-mirip dengan hal yang saya contohkan di bawah ini:

  • 1. Anda biasanya memakai jam tangan di pergelangan tangan kanan, berganti menggunakannya di pergelangan tangan kiri.
  • 2. Anda yang biasanya tidak memakai jam tangan, besok memakai jam tangan.
  • 3. Anda biasanya memasukkan dompet ke saku belakang, bisa memasukkannya ke saku depan.
  • 4. Anda mengambil jalan berbeda ketika menuju ke kantor.
  • 5. Anda biasanya ke kantor naik mobil, besok ke kantor naik sepeda.
  • 6. Anda biasanya mengenakan kameja di kantor, bisa mengganti style Anda dengan pakaian lain (kaos polo berkerah, misalnya).

Saya tantang Anda untuk menyelesaikan games ini dalam waktu 1 minggu! Rasakan sensasinya dan selamat menginstall pola hidup Anda yang baru setelah selesai melakukan games ini. Buatlah juga laporan daftar perubahan yang telah Anda buat ke selembar kertas atau kalau perlu update di sosmed Anda dengan hashtag #Games55RusakPola dan jangan lupa tag @thepengusaha ya. Selamat mencoba!;)

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo