austin-distel-wD1LRb9OeEo-unsplash

Seorang pemimpin organisasi atau perusahaan (CEO) yang baik pasti mengenali dan memahami lingkungan strategis yang mengitari lingkaran pengaruh perusahaannya dengan baik. Lingkungan strategis terdiri atas berbagai aspek yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal 

Sebagai pemimpin utama, seorang CEO wajib mengenali dan memahami serta mampu menghubungkan titik-titik strategis di dalam perusahaan, sehingga menjadi suatu kekuatan reall untuk menghasilkan sesuatu, apakah produk, jasa, strategi atau inovasi baru demi mewujudkan visi dan tujuan organisasi.

  1. Lingkungan internal

Pada lingkungan internal, seorang CEO wajib mengetahui titik-titik kekuatan dan kelemahan serta kesiapan sumber daya yang dimiliki organisasi mulai dari SDM, struktur keuangan, kondisi infrastruktur dan teknologi, tata Kelola organisasi, budaya, nilai-nilai hingga citra atau image masyarakat (konsumen) yang melekat pada organisasi maupun produk-produknya.

  1. Lingkungan eksternal

Pada lingkungan eksternal, seorang CEO wajib mengenali kondisi pasar, siapa konsumennya (know your customer), apa kebutuhannya, apa kesenangannya, harapan atau keinginannya, pesaing atau kompetitornya, apa kelemahan kompetitor, ruang atau bidang persaingan apa dan lokasinya dimana, dimana posisi perusahaan dibandingkan dengan competitor, apa strategi yang dipakai oleh competitor, apa strategi perusahaan untuk menghadapi strategi competitor dan terakhir apakah terget perusahaan dengan indicator-indikator yang dapat di ukur dan apa dampak kepada bottom line (kondisi keuangan) perusahaan?

Area lingkungan strategis ini tidak hanya terbatas pada lingkungan industri sejenis di dalam negeri. namun juga lingkungan industri di lingkungan regional dan global serta industry terkait atau penunjang yang dapat mengancam keberlangsungan usaha atau bisnis.

Setelah mengenali keadaan lingkungan strategis. seorang CEO wajib memiliki kewenangan untuk merumuskan, menetapkan, dan menjalankan kegiatan bisnis berdasarkan filosofi, nilai, visi, misi dan tujuan serta strategi organisasi yang telah ditetapkan manajemen.

Hal lain yang masih terkait dengan lingkungan strategis yang penting juga menjadi perhatian seorang CEO adalah peraturan atau regulasi pemerintah (PP, Kepres, Permen, dan lain-lain), perkembangan teknologi baru, permintaan baru di luar produk yanga da, pergerakan pelanggan, pergerakan competitor, dan pergerakan posisi perusahaan secara dinamis di pasar. 

Dari semua itu yang paling penting adalah kesiapan SDM perusahaan. Seorang CEO harus paham bahwa tidak semua orang, bahkan tim terdekat kita pun bisa mengikuti pikiran dan Langkah kita apalagi perasaan kita. Oleh karena itu kita membutuhkan bantuan tim eksekutif lainnya sesuai dengan fungsi dan peran manajemen. 

Hal penting lainnya yang setiap hari akan dihadapi oleh seorang pemimpin atau CEO adalah mengambil keputusan. Dinamika perubahan bisnis saat ini dengan arus informasi yang sangat deras menuntut seorang CEO untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, guna membawa perusahaan ke suatu titik yang strategis dan menguntungkan, sekaligus memastikan sumber daya dapat bergerak bersama ke arah yang tepat.

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo