zainul-yasni-QiIxg_q2vh0-unsplash

Hei, jangan salah fokus sama “TARIF” dijudul, yaaa.

TARIF di sini bukan berbentuk uang, kok. TARIF ini adalah prinsip-prinsip yang dapat kamu jadikan pedoman untuk mengelola perusahaan kamu secara baik dan benar. Berikut penjelasannya:

  1. Transparency (Keterbukaan Informasi)

Perusahaan dituntut untuk memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada setiap stakeholdernya, baik itu informasi laporan perusahaan dan juga informasi-informasi penting terkait pengambilan keputusan.

  1. Accountability (Akuntabilitas)

Perusahaan harus memberikan kejelasan fungsi, struktur, sistem, dan pertanggungjawaban terhadap setiap elemen yang ada dalam perusahaan. Ketika prinsip ini dijalankan, maka akan memberikan kejelasan terhadap hak, kewajiban, serta wewenang antara pemegang saham, dewan komisaris, dan dewan direksi.

  1. Responsibility (Pertanggungjawaban)

Perusahaan yang patuh terhadap regulasi yang berlaku seperti membayar pajak, menjamin kesehatan dan keselamatan kerja karyawan, menjamin perlindungan lingkungan hidup, memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat, dan sebagainya ada merupakan bentuk prinsip responsibility.

  1. Independency (Kemandirian)

Jangan melibatkan campur tangan pihak mana pun yang tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku, karena prinsip ini mengharuskan perusahaan harus dikelola secara profesional.

  1. Fairness (Kesetaraan dan Kewajaran)

Prinsip yang terakhir ini menuntut perusahaan untuk memberikan perlakuan yang adil dalam memenuhi hak stakeholder sesuai dengan regulasi atau peraturan yang berlaku.

Nah, jadi begitu ya teman-teman The Pengusaha. Jika kamu ingin menjalankan perusahaan dengan baik, maka lakukan prinsip “TARIF” (Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, and Fairness).

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo