WhatsApp Image 2020-12-05 at 7.23.59 PM

Artikel ini merupakan versi lebih lengkap dari wawancara kami kepada Darsa Maliogusman, owner dari Salad MOI. Di artikel sebelumnya dalam E-Zine kami, Yolanda Agatha, owner Salad Nyoo menjelaskan ada campaign kompetitornya (Salad MOI) yang mirip Burger King (BK) diunggah di media sosial. Menariknya, Yola bereaksi dengan mengunggah di Instagram Story, dan disimpan dalam highlight dengan judul Black Campaign. Yola mencurahkan pemikirannya dalam Story tersebut. (Sampai artikel ini diterbitkan, Anda masih dapat melihat highlight story-nya di akun @yolanyoo).

Darsa menganggap bahwa kompetitornya tersebut salah memahami strateginya yang selama ini digunakan dalam Salad MOI. Dalam wawancara kami dengan Darsa, Salad MOI menerapkan sebuah strategi campaign yang cukup unik, yaitu comparing campaign. Ini menarik, sebab kebiasaan untuk saling head-to-head antar brand lebih sering terjadi di luar negeri. Darsa memberikan beberapa contoh dalam wawancara kami.

Berikut kutipan wawancara kami dengan Darsa:

Tanya (T): Kami melihat satu post di IG dari Salad MOI yang mirip Burger King dan di situ tertulis “terinspirasi dari Burger King”. Nah, kita tahu Strategi Marketing Burger King ini kan sering mengejek McDonald di beberapa waktu di Media Sosial. Kalau Salad MOI, sampai sejauh mana strategi marketingnya terinspirasi langkah dari Burger King, atau sebatas satu posting itu saja?

Darsa (D): Salad Moi benar terinspirasi dari Burger King. Tapi justru Salad Moi tidak tahu bagaimana strategi marketing Burger King sebelum-sebelumnya. Karena, di kondisi saat ini, Saya merasa setuju dengan apa yang Burger King tulis. Dimana, tidak ada salahnya jika pelanggan kita mengorder di tempat lain. Selama itu membantu, dan kami meyakini bahwa pelanggan itu akan kembali kalau memang mereka pelanggan setia Salad Moi. Jadi, tidak ada kekhawatiran kami untuk men-share, meminta follower atau customer loyal kami untuk memesan di salad lain.

T: Lalu, apa sebetulnya Strategi Marketing utama Salad MOI?

D: Strategi marketing utama Salad Moi itu comparing campaign, yang menyentil atau jenaka dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat. Karena, masyarakat perlu tahu apa bedanya Salad Moi dengan yang lain.

Kita, Salad Moi terbentuk berawal dari sebuah kegelisahan. Kegelisahan kami sendiri dan kegelisahan beberapa customer lainnya. Dimana, nama salad atau titel salad itu tidak seindah namanya. Saat itu ada salad yang sedang booming. Kami mencoba untuk order salad itu. Ekspektasi kami terhadap salad yang saat itu sedang booming ternyata tidak se-healthy seharusnya. Full of sugar.

Dari situ kami merasa tersentuh dan tergerak untuk mengedukasi masyarakat supaya hati-hati dengan mengkonsumsi produk hanya dari titelnya saja. Misalnya, salad. Tapi masyarakat tidak tahu sebenarnya salad itu isinya apa. Masyarakat berekspektasi bahwa dengan keyword “salad”, itu pasti sehat.

T: Lebih detail soal comparing campaign, itu gimana mas?

D: Maksud dari comparing campaign ini adalah seperti BMW dengan Mercedes, Apple dengan Samsung, atau Pepsi dengan Coca Cola. Jadi menjelaskan kelebihan dan menonjolkan kelebihan masing-masing produk tersebut.

Namun, sayangnya kita ditangkap oleh kompetitor adalah (sebagai_red) sebuah black campaign. Dimana, black campaign itu adalah campaign yang kandungannya berisi fitnah. Kami tidak ada sama sekali memfitnah. Justru apa yang kami sajikan adalah data faktual. Dan kita tidak ada sebut merk sama sekali. Kalau bukan fakta, kita nggak mau angkat.

Intinya, black campaign itu adalah campaign yang memuat fitnah. Benar-benar tidak sesuai dengan apa adanya. Ketika itu fakta, itu menjadi comparing campaign.

T: Bagaimana Salad MOI mendeskripsikan klaimnya di Jasa Ojek Online sebagai #1 Healthy Salad Buah, dan bagaimana yang tidak healthy itu?

D: Salad yang tidak healthy adalah yang tidak sehealthy namanya. Kalau yang masyarakat tahu, yang namanya salad itu, sehat. Jadi, yang tidak healthy adalah yang tidak se-healthy namanya. Se-simple itu. Misalnya, dibilang salad buah, tapi isinya jelly-jelly semua. Jadi salad buah atau salad jelly? Lalu yang namanya salad buah, tujuannya untuk sehat, tapi kalau isinya kandungan gula atau kental manis semua, apa bisa kita sebut itu salad sehat? Se-simple itu.

T: Kalau dari Salad MOI sendiri, konsep sehat seperti apa yang ada dalam salad buah?

D: Dari Salad Moi sendiri, kita yang paling awal untuk berkomitmen membuat sebuah salad yang lebih sehat. Dengan rasa yang lebih asam, less sugar. Kami tidak memungkiri kalau bena-benar yang paling mentok sehat. Tapi setidaknya ini yang lebih healthy atau menjadi penawaran yang lebih sehat dari yang lain. Kita juga full buah-buahan, tanpa jelly-jelly, dan Salad Moi merupakan satu-satunya salad yang paling awal atau pelopor salad yang freshmade.

T: Freshmade berarti memang dibuat fresh. Kenapa harus dibuat fresh dan awalnya gimana?

D: Dulu, saat salad itu booming, salad itu ternyata hits dengan konsep distok. Bagaimana nutrisi kandungan buahnya? Bagaimana nutrisi kandungan lain-lainnya? Nah, apa bedanya dengan Salad MOI? Kita benar-benar murni 100% freshmade. Buah kita potong di tempat, ada orderan baru kita potong, lalu kita sajikan. Jadi, kami memaksimalkan nutrisi itu benar-benar masih fresh. Bukan 2-3 hari distock, lalu kalau 2-3 hari tidak laku langsung dibuat promo agar terjual.

T: Bagaimana Salad MOI menjaga idealisme tentang salad yang freshmade dan ‘lebih sehat’ ini?

Kalau ada sebuah buah yang habis, kita pasti nulis dan memohon maaf kepada pelanggan bahwa buah tersebut habis. Contohnya, ketika kami mengeluarkan produk yang manis, yang creamy, kita pasti tulis kejelasannya. Kalau mau yang lebih sehat, beli yang original. Tapi kalau mau nyoba yang enak dan creamy, itu beli yang mayo sweet and creamy. Di situ kita tulis, “lebih enak”. Nah, di situ tujuan kami untuk mengedukasi masyarakat, oh ternyata untuk yang lebih sehat, pesennya yang original. Tujuannya bukan ingin mereka memesan yang manis. Tapi, dari mereka yang manis, teredukasi untuk mencoba yang original, yang lebih sehat.

T: So, selama comparing campaign ini dilancarkan, apa yang sebenarnya diharapkan dari Mas Darsa?

D: Jika masyarakat tahu sebenarnya salad yang selama ini hits atau yang selama ini enak katanya, dan mereka tahu bahwa kandungan itu full sugar atau kandungannya itu penuh dengan susu, gula, mungkin masyarakat jadi berpikir dua kali. Jadi, kegelisahanlah yang mengangkat Salad MOI selama ini. Oleh karena itu, kami punya budaya kejelasan dan juga kepedulian.

Anda dapat mengunjungi situs salad moi di www.saladmoi.com, dan instagramnya.

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo