inlytics-h4qSn5twfls-unsplash

Apakah kamu sedang mencari referensi mau bisnis apa, karena kamu di PHK sama perusahaanmu? Atau Kamu lagi pivot bisnis karena industrimu termasuk yang amat sangat terdampak Covid-19? Nih, ada 3 bidang bisnis yang gampang banget jualannya. JUALAN AGAMA, JUALAN KESEHATAN, JUALAN PENDIDIKAN! Nah lho, gimana tu?

Jadi gini, 3 bidang ini adalah bidang yang marketnya SANGAT MUDAH dikuasai. Tinggal bisnis modelnya yang nanti bisa disesuaikan. Bahakan ada beberapa nama besar yang core bisnisnya di 3 bidang ini. Contohnya adalah Muhammadiyah. Mereka punya rumah sakit, punya sekolahan dan juga syiar Islam. Bentar2 kok jualan Agama? Agama kok dijual2?

Gini, mau bentuknya syiar atau bukan, Agama itu powerfull sekali untuk jualan karena itu sudah masuk ke BELIEF konsumen. Contohnya jual kurma Ajwa. Tinggal bilang aja, makan kurma Ajwa 7 butir itu ada di Hadits. Atau bikin sajadah lipet. Atau madu. Selama itu dikaitkan dengan Agama, jualannya gampang banget.

Kalau jual pendidikan bukannya pandemi sekarang itu juga terdampak? Bahkan ada yang sangat tergantung regulasi dan keputusan pemerintah seperti misalnya bimbel STAN. STAN tahun ini tidak terima mahasiswa baru. Ini juga pernah kejadian dulu. Nah ini terdampak oleh regulasi.

Akan tetapi kalau Kita ngomong soal jualan pendidikan, harusnya Kita fleksibel dengan model bisnis yang Kita bikin. Ini agar Kita bisa mengikuti jaman. Contonya ketika jaman pandemi ini, ternyata sekolah online untuk beberapa orang itu PAINFULL. Kalau Kita jeli, ini peluang untuk bisnis PRIVATE LES TAMBAHAN. Dan bisa jadi menyasar kelas premium karena guru yang les private itu misalnya tiap bulan Kita test SWAB, atau kalau dateng pake APD seperti hazmat, hehehe…

Kalau jualan kesehatan? Nah sekarang itu industri yang lagi naik kan kesehatan. Kaitin aja jualan sama imunitas tubuh. Saya kemarin ditawarin vitamin d3 untuk menangkal Corona. Beberapa minggu sebelumnya ditawarin vitamin C, juga dalam rangka menangkal Corona. Bahkan, ada teman Saya yang punya apotek jualan Tolak Anginnya naik karnea dikaitkan dengan COrona.

See? Gampang kan? Ada teman punya beras organik, itu juga selama pandemi kenaikannya luar biasa. Karena ada organik. Yang dijual adalah KESEHATAN juga. Kalau Kamu punya kaos kesehatan yang bisa meningkatkan imun tubuh kenapa tidak geser positioning kesitu?

Jadi, mana yang mau kamu jual sekarang? Agama, pendidikan atau kesehatan?;)

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo