tr-ng-trung-c-p-kinh-t-du-l-ch-thanh-ph-h-chi-minh-cet-4WcIJXcFj3I-unsplash

Akibat pandemi, segala sektor banyak mengalami perubahan. Termasuk keberlangsungan hidup dan semangat bekerja. Perlu adanya kebersamaan untuk saling menguatkan. Anita Maharani (Mentor Manajemen Sumber Daya Manusia – Micro Mentor) memberikan 3 tips untuk memotivasi karyawan selama pandemi:

  1. Jalin komunikasi yang baik

Jalin komunikasi yang baik dan berikan keyakinan kepada karyawan, bahwa Anda memikirkan kelangsungan hidup mereka. Situasi pandemi ini selain menggerus materi juga menggerus psikis. Perlu adanya saling menguatkan satu sama lain. Bisa dimulai dengan komunikasi yang baik. Contohnya dengan menggunakan kata-kata yang baik, misalnya dari pada menggunakan kata “Kamu harus melakukan itu!” lebih baik “Ayo, sama-sama kita lakukan”. Dengan menggunakan kalimat seperti itu, maka karyawan akan merasa dirangkul dan merasa atasan mengerti kondisi mereka.

Kata-kata itu memiliki kekuatan. Beberapa orang telah melakukan eksperimen terkait dampak yang ditimbulkan dari kata-kata terhadap suatu barang (videonya di sini). Apakah kamu sudah menonton videonya? Bayangkan. Itu dampak yang terjadi kepada makanan yang tidak memiliki perasaan, bagaimana dengan manusia?

  1. Ajak karyawan bertukar pikiran

Ajak karyawan bertukar pikiran tentang cara-cara kreatif untuk bisa tetap bisa menjalankan bisnis di tengah pandemi.

Kondisi pandemi ini memang memaksa masyarakat mau tidak mau untuk berpikir kreatif agar terus dapat mempertahankan keberlangsungan hidup. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi, mengingat teknologi terus berkembang saat ini.

  1. Lakukan evaluasi

Lakukan evaluasi dan diskusi setiap saat setelah selesai melakukan kegiatan usaha dengan karyawan. Evaluasi memberikan dampak yang baik untuk keberlangsungan perusahaan maupun sebuah project yang dijalankan. Dari evaluasi, kita dapat belajar hal-hal apa yang perlu dipertahankan dan hal-hal apa yang tidak perlu untuk dilakukan kembali pada langkah selanjutnya.

Jadi, jika ingin semangat kerja pada perusahaan kamu terus berlangsung di masa sulit ini, maka kamu harus memadukan ketiga tips di atas. Mulailah dengan membiasakan diri menggunakan kalimat yang baik, bertukar pikiran, dan terus melakukan evaluasi.

Menarik untuk Dibagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Offer

Peluang Bisnis Barbershop

Bikin Brand-mu Sendiri!

Marketplace Mastery

Bersama Weliyan Tanoyo